Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Sepeda Motor Terbaik untuk Dikendarai Tahun Ini

Beberapa tahun terakhir merupakan waktu yang sangat baik untuk membeli sepeda motor. Dimulai setelah resesi 2008, pabrikan meningkatkan upaya mereka untuk mendapatkan pelanggan baru dan menggantikan pengendara yang menua karena kepemilikan. 

Tekanan ekonomi itu telah menghasilkan desain baru yang terjangkau, praktis, dan sangat aneh. Pada tahun 2020, itu berarti fitur keselamatan berteknologi tinggi seperti kontrol traksi dan bahkan pakaian yang menggunakan kantung udara pribadi. 

Artinya start / stop tanpa kunci, transmisi yang dapat memprediksi dan mencegah Anda dari kemacetan, dan pilihan yang cukup untuk membuat memilih sepeda motor listrik menjadi sulit. Bacalah saran untuk membeli rig Anda sendiri dan review rig terbaik di luar sana hari ini.

Metodologi

Dengan asumsi bahwa loyalitas merek bukanlah faktor, cara paling efisien untuk menemukan sepeda motor yang tepat adalah memulai dengan di mana dan bagaimana Anda akan berkendara. Inilah sebabnya mengapa hampir setiap pabrikan memproduksi setidaknya satu model dari setiap genre sepeda. 

Ducati, misalnya, memiliki sepeda motor perkotaan berkemampuan off-road (Scrambler), superbike kelas balap (Panigale V4R), kapal penjelajah (Diavel), sepeda petualangan ergonomis (Multistrada), dan bahkan sepeda gunung listrik (E -MTB). Setelah Anda mengetahui jenis sepeda mana yang paling sesuai untuk penggunaan Anda, Anda dapat mulai membandingkan jenis sepeda tersebut, dan itulah yang telah kami lakukan di sini.

Seberapa cepat?

Akselerasi dan kecepatan tertinggi sepeda motor sering dianggap sebagai perpindahan, atau sentimeter kubik (250 cc, 600 cc, 1.000 cc). Ini mengacu pada volume udara dan bahan bakar yang dapat ditarik oleh semua silinder dan meledak untuk menghasilkan tenaga. 

Sepeda sport dan pelajar yang gesit, off-road, dan berkemampuan off-road biasanya sekitar 250 hingga 400 cc. Sepeda mid-range, bergaya retro, melakukan apa saja yang menyenangkan di jalan belakang dan nyaman di jalan raya mulai dari 650 cc dan bisa naik hingga 900 cc. 

Sepeda motor super cepat berbahaya, sepeda motor upright adventure (ADV), dan kapal penjelajah Sons of Anarchy biasanya 1.000 cc atau lebih.

Kami tidak sering mengatakan ini, tetapi lebih banyak kekuatan tidak selalu lebih baik. Sering kali, lebih menyenangkan untuk mendorong sepeda motor yang lebih kecil hingga batasnya daripada menggunakan hanya sepotong potensi replika balap superbike. 

Jujurlah tentang tingkat keahlian dan gaya berkendara Anda, dan Anda akan lebih bahagia dengan pembelian Anda.

Jenis Sepeda Motor

Pemula: 

Carilah teknologi keselamatan (ABS, kontrol traksi) dan ukuran mesin yang sederhana. Antara 300 dan 400 cc sangat ideal. Sebagian besar pabrikan menjual sepeda motor tingkat pemula yang terlihat seperti sepeda balap, tetapi hanya bermesin 400 cc satu silinder. 

Ini cukup cepat untuk menangani jalan raya, namun lebih mudah dirawat dan lebih murah daripada pengaturan yang lebih rumit. Pabrikan besar Jepang (Honda, Kawasaki, Yamaha) melakukan sepeda motor jenis ini dengan sangat baik.

Standar / Retro: 

Ini adalah kategori umum untuk sepeda motor yang sebagian besar memiliki posisi berkendara tegak dan tambahan minimal. Sebagian besar tidak dilengkapi dengan kaca depan atau fairing, potongan plastik aerodinamis yang menutupi bagian depan. 

Mesinnya biasanya berdesain dua atau tiga silinder, antara 600 dan 900 cc. Ini adalah sepeda serba guna yang sangat baik untuk pengendara pemula dan menengah yang membutuhkan kerangka kompak untuk menavigasi kota tetapi juga menginginkan kenyamanan di jalan raya. 

Sepeda motor Non-retro Standard atau “Naked” biasanya memiliki performa seperti motor balap, tetapi dengan posisi jok yang lebih nyaman dan tampilan yang tidak terlalu mencolok. Triumph’s Street Triple, Yamaha MT-09, dan Ducati’s Monster adalah contoh sepeda motor yang bisa melakukan apa saja.

Adventure (ADV): 

Tinggi, dengan mesin besar dan tangki bahan bakar, ini dibuat untuk perjalanan yang jauh dan jauh, sebagian besar di jalan raya — dan melintasi kerikil, lumpur, dan pasir, selama mereka memiliki ban yang tepat. 

Sebagian besar memiliki mesin sekitar 700 cc, sementara yang lain mencapai 1.200 cc. Jika dilakukan dengan benar, inilah sepeda yang akan membuat Anda ingin berhenti dari pekerjaan dan berkeliling dunia. (Untuk pengendaraan hanya di aspal, sepeda motor Sport Touring lebih dekat ke tanah, lebih aerodinamis, dan lebih ringan dari ADV pada umumnya).

Cruiser: 

Anda pasti ingat pernah melihat ini: Setang tinggi, knalpot keras, posisi berkendara bungkuk, dan mesin besar. 

Kapal penjelajah (atau "bagger", untuk penyimpanan kantong pelana yang tersedia di sebagian besar model) dikhususkan untuk kelimpahan jalan datar, lurus, dan panjang di AS. Harley-Davidson bagi kapal penjelajah sama seperti Heinz dengan saus tomat. 

Tetapi persaingan dari pabrikan India dan Jepang seperti Honda, Kawasaki, dan Yamaha adalah alternatif yang sah.

Superbike: 

Jika Anda dilewati oleh seorang idiot yang melaju 150 mph dengan sepeda motor yang merengek, dia mungkin sedang menaiki superbike. Ini memiliki aerodinamika sepeda balap dan mesin besar tetapi juga teknologi keselamatan yang dapat menyelamatkan Anda dari wheelies dan burnout yang tidak disengaja. 

Jika Anda dapat hidup dengan tidak memiliki model yang paling bertenaga dan mahal di jajaran pabrikan, sepeda super kelas menengah (sekitar atau kurang dari 1.000 cc) adalah pengemudi yang mendebarkan dan harian.

Supermoto: 

Kami berterima kasih kepada beberapa pabrikan yang masih memproduksi sepeda motor gaya ini. Prinsip desainnya sederhana: Pasangkan sepeda motor trail dengan ban jalan kecil yang mulus, dan sesuaikan tenaga sedikit agar dapat berfungsi di jalan raya, bukan di jalan setapak. 

Hasilnya adalah sepeda motor tinggi, sempit, dan ringan yang merupakan cara paling menyenangkan untuk menavigasi ke mana pun di perkotaan. 

Angin dan getaran pada kecepatan jalan raya yang berkelanjutan bisa jadi tidak menyenangkan, tetapi dapat ditoleransi dan sepadan selama sebagian besar perjalanan Anda terjadi pada kecepatan yang lebih rendah dan di kota atau kota yang padat.

Listrik: 

Torsi instan. Tidak ada panas. Tidak ada getaran atau perubahan gigi (dengan asumsi Anda mempertimbangkan manfaat tersebut). Persyaratan perawatan: Jaga udara di dalam ban, mungkin periksa minyak rem. 

Sama seperti mobil listrik, mereka secara diam-diam meningkatkan jangkauannya menjadi sekitar 100 hingga 120 mil, sementara hotel dan bangunan parkir telah menambahkan stasiun pengisian daya cepat. 

Namun, sama seperti mobil, sepeda motor listrik masih lebih mahal daripada bensin alternatif, dan untuk membeli sepeda motor mengharuskan Anda untuk berhati-hati tentang bagaimana dan di mana Anda berkendara. 

Namun, jika Anda memiliki perjalanan yang dapat diprediksi, akses ke pengisi daya cepat, dan setidaknya $ 20.000 untuk dibelanjakan, sepeda listrik sangat masuk akal.

Mini: 

Kembali pada tahun 2013, Honda mulai menjual sepeda motor mungil 125 cc yang disebut Grom. Itu nyaris tidak memecahkan 60 mph dan tampak seperti alat bantu sirkus. Tampaknya disesuaikan untuk tempat-tempat seperti Vietnam, di mana infrastrukturnya ramah untuk sepeda motor berkapasitas kecil, tetapi di Amerika Utara, tanah Harley yang besar, tampaknya penjualan yang sulit. 

Namun demikian, Grom adalah hit, dan masuk akal setelah Anda mengendarainya. Ini, dan pesaing seperti Kawasaki Z125 Pro, lebih nyaman daripada kelihatannya, bahkan jika Anda tinggi dan berkaki panjang — salah satu pembalap uji kami memiliki tinggi 6 kaki dan tidak memiliki masalah selama berjam-jam berkendara. 

Proporsi mereka berarti Anda dapat dengan mudah memotong lalu lintas perkotaan dengan lebih mudah daripada sepeda yang lebih besar, dan kelincahan itu membuat mereka terasa jauh lebih cepat daripada spesifikasi yang Anda pikirkan. 

Jadi, hindari jalan raya — kecepatan tertinggi untuk sepeda ini biasanya masih sekitar 60 mph, dan beberapa negara bagian seperti California sebenarnya melarang sepeda motor berkapasitas kecil menggunakan jalan antar negara bagian. 

Namun jika Anda tidak membutuhkan kecepatan tersebut, mini adalah cara yang terjangkau dan mudah untuk berkeliling, dan memberikan salah satu rasio dolar per kesenangan terbaik yang pernah kami lihat di hampir semua produk konsumen.

1. KAWASAKI NINJA 400

KAWASAKI NINJA 400

Mesin: kembar paralel 399 cc
Berat (dengan bahan bakar dan cairan): 366 lb.
Transmisi: 6 kecepatan

Ringan, terjangkau, praktis, dan dengan tampilan yang keren, Ninja hadir dengan mesin yang ideal untuk pemula yang ingin belajar berkendara dengan terampil tanpa terlalu banyak mendapatkan tiket ngebut. Ada sepeda motor sporty lainnya yang berfokus pada jalan raya seperti itu, tetapi sebagian besar memiliki mesin satu silinder, yang dapat bergetar pada kecepatan jalan raya. 

Silinder kembar Ninja, bagaimanapun, mulus di jalan raya tetapi masih cukup ringan untuk dikelola di lalu lintas dunia nyata dan tempat parkir. Itu adalah contoh formula yang telah disempurnakan Kawi selama beberapa dekade. Pastikan untuk menghabiskan $ 300 ekstra untuk ABS. Model 2020 tidak berubah dari versi 2019, jadi Ninja 400 bekas bisa berfungsi dengan baik.

Kami juga akan mempertimbangkan Suzuki SV650 ABS ($ 7.499), yang memiliki tenaga yang cukup untuk hampir semua pengendara level, ditambah Bantuan RPM Rendah, yang membantu mencegah Anda macet. Dan ada Honda NC750X ($ 8.099). Ia memiliki lebih banyak tenaga, ditambah kompartemen penyimpanan di atas tangki bensin, dan transmisi otomatis opsional seharga $ 800 lebih.

2. Triumph Thruxton RS

Triumph Thruxton RS

Mesin: kembar paralel 1.200 cc
Tenaga: 103 hp
Berat (kering): 434 lb.
Transmisi: 6 kecepatan

Dalam jajaran sepeda Triumph yang sangat modern dan terlihat kuno, inilah yang paling diidamkan. RS dimulai dari Thruxton yang sudah sangat baik, yang ketika keluar pada tahun 2016, dipuji sebagai sepeda motor modern, sporty, dan nyaman yang menyamar sebagai pembalap kafe klasik yang cantik. Versi ini mendapat upgrade seperti suspensi belakang Öhlins, rem depan twin 310mm Brembo, ban Metzler Racetec yang grippy, dan bahkan baterai yang lebih ringan. 

Mesin kembar paralel memiliki kepala silinder, piston, dan poros bubungan baru, dan transmisinya juga mendapat kopling baru. Itu menambahkan hingga sekitar 7 tenaga kuda lebih banyak, lebih banyak torsi low-end, dan garis merah yang sedikit lebih tinggi. Tapi juga, pengurangan berat hampir 15 kilogram, berkat bagian mesin yang lebih tipis dan sasis yang lebih ringan. 

Sama seperti kebanyakan sepeda retro dengan mesin besar dan bertenaga, RS lebih berat dari motor telanjang atau sport. Tapi kemudi yang brilian dan tenaga yang halus mengimbanginya agar tetap gesit.
Dengan harga lebih murah, Triumph Street Twin ($ 9.300) juga merupakan rekomendasi yang mudah. 65 horsepowernya cukup untuk sebagian besar pengendaraan dunia nyata berkat handling yang sangat ringan dan rem yang bertenaga. 

Kami juga sangat menyukai jajaran Scrambler Ducati, khususnya Desert Sled ($ 11.995). Posturnya yang tegak dan V-twin 803cc membuatnya lincah dalam berkendara di kota. Untuk sesuatu yang lebih tidak biasa, ada lini Moto Guzzi V7 III ($ 8.490). Idiosinkrasi seperti driveshaft dan bukan rantai memang menawan, tetapi juga berarti lebih sedikit perawatan.

3. Ducati Panigale V2

Ducati Panigale V2

Mesin: 955 cc L-twin
Tenaga: 155 hp
Berat (dengan bahan bakar dan cairan): 441 lb.
Transmisi: 6 kecepatan

Tidak, ini bukan sepeda tercepat yang bisa Anda beli. Itu bahkan bukan motor tercepat yang dibuat Ducati. Namun bagi kita yang kebanyakan berkendara di jalan sipil dengan batas kecepatan dan mobil, pengekangan V2 inilah yang menjadikannya sepeda motor ideal yang berfokus pada performa. Rig seberat 441 pon, memiliki 155 tenaga kuda — lebih dari cukup untuk menggetarkan pengendara mana pun di jalan raya di jalan atau trek hari tetapi masih dapat dikendalikan di persimpangan yang ramai. 

V2 juga mencakup alat bantu elektronik yang dapat membantu Anda mendekati batas sepeda tanpa membayar harganya. Diantaranya: unit pengukuran inersia enam sumbu (IMU) yang mendeteksi sudut kemiringan untuk membantu menginformasikan sistem kontrol pengereman dan traksi. Berteknologi tinggi, sangat cepat, memukau secara visual, V2 adalah segalanya yang dilakukan Ducati lebih baik daripada orang lain.

Jika Anda menginginkan predator puncak dari sepeda motor cepat, lihatlah Ducati Panigale V4S ($ 28.395). Mesin V4 lebih besar, menghasilkan tenaga 214 tenaga kuda yang sangat menggelikan. Ada juga Kawasaki Ninja H2 ($ 29.0000), yang memiliki torsi 90 pon-kaki, sebuah statistik yang luar biasa untuk sepeda motor seberat 525 pon. 

Akselerasi lucu bahkan lebih menyenangkan ketika rengekan supercharger masuk. BMW S 1000 RR ($ 16.995) juga ada di liga ini dan mendapatkan poin untuk fitur yang disebut ShiftCam, yang memungkinkan mesin menyesuaikan waktu cam untuk penghematan bahan bakar atau kecepatan, membuatnya lebih bisa digunakan sehari-hari.

4. KTM 790 Adventure R

KTM 790 Adventure R

Mesin: kembar paralel 799 cc
Tenaga: 95 hp
Berat (dengan bahan bakar dan cairan): 460 lb.
Transmisi: 6 kecepatan

Tidak seperti mesin besar 1.000 cc-plus pada sepeda petualangan yang lebih besar, kembar paralel 790 ini sempit dan mudah dikendalikan. Dan tipikal KTM, tidak ada aksesori atau pengerjaan bodi yang tidak perlu, yang membuat bobot tetap turun. Itu membuat 790 gesit dan mudah dikendalikan di jalan yang kasar dan terutama pada permukaan yang sulit seperti pasir dan lumpur. 

Selain itu, ada teknologi canggih seperti kontrol traksi dan dasbor warna. KTM juga melakukan pengujian ketahanan untuk mesinnya secara ekstrem: 48 penguji berjalan dengan dinamometer selama 180 jam nonstop, kata mereka). Kami akan membayar $ 1.000 di atas Adventure standar untuk suspensi yang ditingkatkan dengan perjalanan yang lebih besar.

Meskipun demikian, kami tidak akan menyalahkan siapa pun karena membeli BMW R 1250 GS ($ 17.995). Itu adalah kategori pokok untuk alasan yang bagus. Ini memiliki lebih banyak tenaga (136 tenaga kuda) daripada KTM, ditambah elektronik yang membantu dan banyak opsi penyesuaian. Ini juga lebih gesit dari yang terlihat. 

Kami juga menyukai Honda Africa Twin ($ 14.399). Ini adalah alternatif yang terjangkau untuk GS atau KTM, dengan banyak teknologi yang nyaman, termasuk transmisi otomatis yang akan memenangkan hati siapa pun yang berpikir bahwa otomotif tidak boleh menggunakan sepeda motor. Terakhir, kami merekomendasikan Yamaha Ténéré 700 ($ 9.999), sebagian besar karena penggunaan mesin kembar inline MT-07 yang brilian. Itu adalah nilai yang fantastis.

5. Harley-Davidson Street Glide

Harley-Davidson Street Glide

Mesin: 1.754 cc V-twin
Berat (dengan bahan bakar dan cairan): 796 lb.
Transmisi: 6 kecepatan

Harley-Davidson sedang membuat beberapa sepeda motor yang tidak biasa akhir-akhir ini, tetapi mereknya akan selalu dikenal dengan kapal penjelajahnya yang besar dan nyaman. Tidak ada lagi yang terdengar seperti mesin Harley-Davidson 45 derajat V-twin, dan tidak ada merek lain yang memiliki daya tarik historis sebanyak itu. 

Tetapi bahkan mengabaikan iming-iming romantis sepeda H-D, Street Glide berhasil. Ini memiliki kenyamanan modern seperti layar sentuh berwarna, push to start, cruise control, dan pengereman anti-lock yang memperhitungkan sudut kemiringan. Rem depan dan belakang juga disambungkan, yang membantu motor besar berhenti dengan aman bahkan dalam situasi panik. 

Namun daya tarik sebenarnya adalah desain panjang, rendah, dan mesin yang berfokus pada torsi yang membuat Street Glide tertanam di tikungan dan jalan lurus yang panjang. Kami juga menyukai tangki enam galon besar, yang memberikan jangkauan lebih dari model pesaing.

Dengan biaya yang jauh lebih sedikit, dan selama Anda tidak membutuhkan mesin besar, kami akan membeli Indian Scout Sixty ($ 8.999). Ini adalah pilihan yang tepat untuk siapa saja yang tidak membutuhkan lencana Harley dan merasa nyaman, tetapi lebih ringan dan lebih mudah diatur daripada Street Glide, terutama di lalu lintas. 

Untuk sesuatu yang besar dan mahal, Indian Challenger ($ 22.999) juga bagus. Fasilitasnya, seperti dasbor warna, sebagus milik Harley, dan ditenagai oleh V-twin berpendingin air yang sangat baik. Jika kenyamanan adalah prioritas, kami juga menyukai Honda Gold Wing generasi saat ini ($ 23.800). Muncul dengan kualitas rakitan Honda yang dapat Anda rasakan di jok dan spatbornya serta suspensi yang sangat halus.

6. Zero SR / S

Zero SR / S

Jarak (gabungan): 123 mil
Waktu pengisian daya (stopkontak 110 V rumah tangga): 8,5 jam
Waktu pengisian daya (Level 2/220 V): 1,5 jam hingga 75%
Berat: 505 lb.

Zero telah memproduksi sepeda motor listrik selama lebih dari satu dekade. Kecuali untuk operasi kecil dengan produksi terbatas, itu tetap menjadi salah satu dari sedikit produsen yang dapat dipilih. Namun kami telah menguji beberapa dan terkesan dengan kualitas rakitan dan kendara dari setiap model. Dari kisaran Zero saat ini, SR / S adalah pilihan kami. Ini pada dasarnya adalah Zero SR / F dengan fairing dan kaca depan, yang membuatnya lebih nyaman pada kecepatan di atas berkendara di kota. 

Meskipun bobotnya berat (505 pon), torsi 140 pon-kaki menempatkan kinerja SR / S ke dalam wilayah motor sport yang serius. Daftar komponen premium membantu membuat harga tinggi lebih enak: suspensi Showa yang dapat disesuaikan, rem J.Juan (pabrikan Spanyol untuk suku cadang kelas balap), dan ABS Bosch dan kontrol traksi, yang semuanya diinginkan pada sepeda motor apa pun. 

Zero memungkinkan Anda membayar ekstra untuk pengisian lebih cepat dan lebih banyak jangkauan. Model dasar akan mengisi ulang dari pengisi daya J1772 dalam waktu sekitar empat jam. SR / S Premium ($ 21.995, atau $ 2.000 lebih) dapat menangani pengisian daya lebih cepat, sehingga pengisian membutuhkan waktu sekitar dua jam. 

Anda bahkan bisa lebih tinggi ke sistem yang akan mengisi daya kira-kira dalam satu jam, tetapi itu hanya akan berfungsi jika Anda dapat menemukan lokasi yang dapat menghasilkan 12 kilowatt-jam. Kami akan membeli model Premium dengan pengisian daya 6 kilowatt-jam (dan grip berpemanas) dan melewati kisaran tambahan Power Tank senilai $ 2.895 (diklaim untuk mengemudi di kota sejauh 200 mil).

Jika Anda telah membaca semua kekurangan sepeda listrik (mahal, jarak pendek, bergantung pada infrastruktur pengisian daya) dan masih dalam perjalanan, sepeda lain yang patut dipertimbangkan adalah Harley-Davidson LiveWire. Dengan harga $ 29.799, ini bahkan lebih mahal daripada Zero, dan memiliki jangkauan yang sedikit lebih sedikit (gabungan 95 mil). 

Tapi ini mengakomodasi pengisian DC Fast (nol hingga 80 persen atau sekitar 75 mil dalam 40 menit), yang dapat Anda temukan di dealer Harley-Davidson tertentu. Itu juga dilengkapi dengan beberapa mode pengendaraan, kontrol traksi, dan teknologi seperti ABS yang sensitif terhadap ramping. 

Tetapi nilai jual di sini adalah kesesuaian dan penyelesaian kelas Harley-Davidson. Dan desain itu, seperti motor yang dipasang di bawah dan tangki air mata. Untuk sensasi, kami telah menguji LiveWire, dan dapat mengkonfirmasi penilaian ulasan lain: Meskipun torsi hanya 86 pon-kaki dan berat 549 pon, akselerasinya menggembirakan dan sama mengesankannya dengan Zero.

7. Honda Monkey

honda monkey

Mesin: tunggal 124,9 cc
Berat (kering): 231,5 lb.
Transmisi: 4 kecepatan

Honda telah membuat tiga varian Grom yang terinspirasi dari gaya retro: Monkey, Super Cub, dan Trail 125. Meskipun kami belum pernah mengendarai Trail, dari keempatnya, Monkey kecepatan tertinggi 65 mph adalah pilihan kami. Mengesampingkan desain klasik, yang bahkan lebih menawan secara pribadi dan sulit untuk tidak disukai, ergonomis, pengereman, dan penyaluran tenaga semuanya luar biasa. 

Speedometer digital, pengukur bahan bakar (bukan lampu peringatan bahan bakar rendah yang sederhana), dan lampu depan dan belakang LED membuatnya terasa jauh lebih premium daripada yang kami harapkan dari harga ini. Super Cub ($ 3.749) dan Trail 125 ($ 3.899) sangat mudah didekati oleh pengendara yang lebih baru karena transmisinya yang semi-otomatis — Anda masih berpindah dengan kaki kiri, tetapi kopling bekerja sendiri. (Super Cub juga memiliki kunci kontak tanpa kunci.) 

Namun kami sebenarnya lebih menyukai pengalaman berkendara yang kurang canggih dari Monkey tetapi lebih menarik. Kami akan menghabiskan $ 200 ekstra untuk ABS khusus depan, yang masih memungkinkan Anda mengunci dan menggeser ban belakang.

Pertimbangkan juga Kawasaki Z125 Pro ($ 3.299). Ini sedikit lebih bertenaga (14,5 tenaga kuda) daripada Honda Grom (9,7 tenaga kuda), dan terlihat dan terdengar lebih seperti motor sport yang diperkecil. Namun yang lainnya — efisiensi bahan bakar, keandalan, pengalaman berkendara — cukup mirip sehingga sulit untuk memilih satu di antara yang lain. 

Kami masih akan membeli Monkey karena penampilannya, lampu LED, dan opsi memasang ban menonjol di atasnya untuk berkendara off-road. Tapi Z125 adalah pilihan yang sangat baik jika Anda lebih suka tampilannya atau hanya menginginkan sesuatu yang bukan Honda.

Salam

wiwid kurniawan
wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Post a Comment for "7 Sepeda Motor Terbaik untuk Dikendarai Tahun Ini"